Pengertian GPS ( Global Positioning System ) ?

https://1.bp.blogspot.com/-5as33y62SRM/XydvuVbrQwI/AAAAAAAANAk/mWkR0ptV3iMaf4_hXcboB8A_1diZ6OKCACLcBGAsYHQ/s72-c/garmin%2Ball.jpg click to zoom
Harga Rp Hubungi Kami @ Apa itu GPS? Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya...
Kategori Artikel
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Pengertian GPS ( Global Positioning System ) ?

Rp Hubungi Kami @


Apa itu GPS?

Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. GPS berfungsi dalam segala kondisi cuaca, di mana pun di dunia, 24 jam sehari, tanpa biaya berlangganan atau biaya penyiapan. Departemen Pertahanan AS (USDOD) awalnya menempatkan satelit ke orbit untuk penggunaan militer, tetapi mereka dibuat tersedia untuk digunakan sipil pada 1980-an.

Cara kerja GPS

Satelit GPS mengelilingi Bumi dua kali sehari dalam orbit yang tepat. Setiap satelit mengirimkan sinyal unik dan parameter orbital yang memungkinkan perangkat GPS untuk memecahkan kode dan menghitung lokasi tepat dari satelit. Penerima GPS menggunakan informasi dan trilaterasi ini untuk menghitung lokasi pasti pengguna. Pada dasarnya, penerima GPS mengukur jarak ke masing-masing satelit dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk menerima sinyal yang dikirimkan. Dengan pengukuran jarak dari beberapa satelit lagi, penerima dapat menentukan posisi pengguna dan menampilkannya secara elektronik untuk mengukur rute lari Anda, memetakan lapangan golf, menemukan jalan pulang atau petualangan di mana saja.

Untuk menghitung posisi 2-D Anda (garis lintang dan garis bujur) dan gerakan lintasan, penerima GPS harus dikunci pada sinyal minimal 3 satelit. Dengan 4 atau lebih satelit dalam pandangan, penerima dapat menentukan posisi 3-D Anda (garis lintang, garis bujur dan ketinggian). Umumnya, penerima GPS akan melacak 8 atau lebih satelit, tetapi itu tergantung pada waktu dan di mana Anda berada di bumi. Beberapa perangkat dapat melakukan semua itu dari pergelangan tangan Anda.
Setelah posisi Anda ditentukan, unit GPS dapat menghitung informasi lain, seperti:
  • Kecepatan Arah
  • Jalur
  • Jarak Perjalanan
  • Jarak ke tujuan
  • Matahari Terbit & Matahari Terbenam
  • dan lebih lagi

Seberapa akurat GPS?

Penerima GPS saat ini sangat akurat, berkat desain multi-saluran paralelnya. Penerima kami cepat mengunci ke satelit ketika pertama kali dihidupkan. Mereka tetap mempertahankan kunci pelacakan pada pepohonan yang padat atau di lingkungan perkotaan dengan gedung-gedung tinggi. Faktor atmosfer tertentu dan sumber kesalahan lainnya dapat mempengaruhi akurasi penerima GPS. GPS receiver Garmin biasanya akurat dalam jarak 10 meter. Akurasi bahkan lebih baik di atas air.
Beberapa akurasi penerima GPS Garmin ditingkatkan dengan WAAS (Wide Area Augmentation System). Kemampuan ini dapat meningkatkan akurasi hingga lebih dari 3 meter, dengan memberikan koreksi ke atmosfer. Tidak ada peralatan tambahan atau biaya yang diperlukan untuk memanfaatkan satelit WAAS. Pengguna juga bisa mendapatkan akurasi yang lebih baik dengan Differential GPS (DGPS), yang mengoreksi jarak GPS ke rata-rata 1 hingga 3 meter. US Coast Guard mengoperasikan layanan koreksi DGPS yang paling umum, yang terdiri dari jaringan menara yang menerima sinyal GPS dan mengirimkan sinyal yang dikoreksi oleh pemancar sinyal. Untuk mendapatkan sinyal yang dikoreksi, pengguna harus memiliki penerima sinyal suar dan antena suar sebagai tambahan untuk GPS mereka.

Sistem GPS Lainnya

Ada sistem lain yang serupa dengan GPS di dunia, yang semuanya diklasifikasikan sebagai Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS). GLONASS adalah sistem konstelasi satelit yang dibangun oleh Rusia. Badan Antariksa Eropa menciptakan Galileo, sementara Cina menciptakan BeiDou. Kebanyakan penerima Garmin melacak GLONASS dan GPS, dan beberapa bahkan melacak BeiDou. Anda dapat mengharapkan solusi yang lebih andal ketika Anda melacak lebih banyak satelit. Anda bisa melacak hampir 20 dengan produk Garmin yang lebih baru.

Sistem Satelit GPS

31 satelit yang saat ini membentuk segmen ruang GPS mengorbit bumi sekitar 12.000 mil di atas kita. Satelit-satelit ini terus bergerak, membuat dua orbit lengkap dalam waktu kurang dari 24 jam. Mereka melakukan perjalanan dengan kecepatan kira-kira 7.000 mil per jam. Penguat roket kecil menjaga setiap satelit terbang di jalur yang benar.
Berikut adalah beberapa fakta menarik lainnya tentang satelit GPS:
  • Nama USDOD resmi untuk GPS adalah NAVSTAR
  • Satelit GPS pertama diluncurkan pada tahun 1978.
  • Konstelasi penuh 24 satelit dicapai pada tahun 1994.
  • Setiap satelit dibangun untuk bertahan sekitar 10 tahun. Penggantian terus-menerus dibangun dan diluncurkan ke orbit.
  • Sebuah satelit GPS beratnya sekitar 2.000 pon dan sekitar 17 kaki di seluruh dengan panel surya diperpanjang.
  • Satelit GPS didukung oleh energi matahari, tetapi mereka memiliki baterai cadangan onboard, dalam kasus gerhana matahari.
  • Daya pemancar hanya 50 Watt atau kurang.

Apa sinyalnya?

Satelit GPS mengirimkan setidaknya 2 sinyal radio berdaya rendah. Sinyal perjalanan dengan saling berhadapan, yang berarti mereka akan melewati awan, kaca dan plastik tetapi tidak akan melalui objek yang paling padat, seperti bangunan dan pegunungan. Namun, penerima modern lebih sensitif dan biasanya dapat melacak melalui rumah-rumah.
Sinyal GPS berisi 3 jenis informasi berbeda:
  • Kode pseudorandom adalah I.D. kode yang mengidentifikasi satelit mana yang mengirimkan informasi. Anda dapat melihat satelit mana yang menerima sinyal dari pada halaman satelit perangkat Anda.
  • Data Ephemeris diperlukan untuk menentukan posisi satelit dan memberikan informasi penting tentang kesehatan satelit, tanggal dan waktu saat ini.
  • Data Almanac memberitahu penerima GPS di mana setiap satelit GPS harus setiap saat sepanjang hari dan menunjukkan informasi orbit untuk satelit itu dan setiap satelit lain dalam sistem.

Sumber Kesalahan Sinyal GPS

Faktor-faktor yang dapat memengaruhi sinyal dan akurasi GPS meliputi hal-hal berikut:
  • Penundaan ionosfer dan troposfer: Sinyal satelit lambat saat melewati atmosfer. Sistem GPS menggunakan model built-in untuk sebagian benar untuk jenis kesalahan ini.
  • Signal multipath: Sinyal GPS dapat memantulkan objek seperti gedung tinggi atau permukaan batu besar sebelum mencapai penerima, yang akan meningkatkan waktu perjalanan sinyal dan menyebabkan kesalahan.
  • Kesalahan clock receiver: Jam built-in receiver mungkin memiliki sedikit kesalahan pengaturan waktu karena kurang akurat dibandingkan jam atom pada satelit GPS.
  • Kesalahan orbital: Lokasi yang dilaporkan satelit mungkin tidak akurat.
  • Jumlah satelit yang terlihat: Semakin banyak satelit, penerima GPS dapat "melihat", semakin baik akurasinya. Ketika sinyal diblokir, Anda mungkin mendapatkan kesalahan posisi atau mungkin tidak ada posisi membaca sama sekali. Unit GPS biasanya tidak akan bekerja di bawah air atau di bawah tanah, tetapi penerima sensitivitas tinggi baru dapat melacak beberapa sinyal ketika berada di dalam gedung atau di bawah penutup pohon.
  • Geometri satelit / bayangan: Sinyal satelit lebih efektif ketika satelit berada pada sudut lebar relatif satu sama lain, bukan dalam garis atau pengelompokan yang ketat.
  • Ketersediaan selektif: Departemen Pertahanan AS sekali menerapkan Selective Availability (SA) untuk satelit, membuat sinyal kurang akurat untuk menjaga 'musuh' dari menggunakan sinyal GPS yang sangat akurat. Pemerintah mematikan SA pada Mei 2000, yang meningkatkan akurasi penerima GPS sipil.



Komentar